Kamis, 22 Desember 2011

PATRIOT


Patriot, hal itu adalah sesuatu yang sangat saya impikan ketika saya kecil. Seoarang patriot sejati adalah seseoarang yang memberikan jasa tanpa berharap imbalan sekecil apapun.  Waktu masi berdiri di sekolah dasar, saya mendengarkan cerita tentang pahlawan yang berusaha merebut kemerdekaan bangsa Indonesia. Seperti yang di katakana oleh guru-guru SD itu memang benar, pahlawan adalah seorang patriot sejati. Tapi pada saat ini saya sudah menyadari, seoarnag patriot tidak hanya seoarang pahlawan yang rela mati untuk negaranya. Tapi seseorang yang memiliki tanggung jawab pada sesuatu yang telah ia perbuat adalah salah satu bentuk patriotisme.
Saya adalah seoarang mahasiswa dari salah satu perguruan tinggi di Indonesia, saya masuk di Universitas ini melalui beberapa pengorbanan yang sangat berat, karena pada watu SMA , saya bukan masuk di SMA negeri melainkan di SMA swasta yang notabene bukan favorit. Setiap hari saya semangat untuk sekolah agar ilmu yang diberikan oleh guru bisa diterima dengan baik. Saya mulai tidak malas untuk mengerjakan sesuatu, saya mulai menghilangkan dikit demi sedikit budaya menyontek, saya selalu untuk berbuat erbaik alam setiap kesempatan yang saya dapat. Setiap hari mengawali hari dengan doa, sekolah, dan pulang sekolah langsung melanjutkan les untuk menambah ilmu . pada malamnya saya belajar lagi apa yang di dapatkan ilu-ilmu yang saya dapat hari ini. Hari hari demi hari seperti sangatlah melelahkan untuk dijalai, namun demi cita-cita apa saja rela saya lakukan.
Patriot sejati dalah sesorang yang tidak boleh menyrah sampai titik darah penghabisan, seperti yang di contohkan oleh para pahlawan yang telah mendahului kita. Setiap setetes keringat yang kita persembahkan untuk Negara indonesia adalah suatu bentuk patriotisme. 
Pada saatnya seoarang patriot akan mendapatkan sesuatu yang diinginkanya, tapi jangan harap seorang patriot sejati akan mendapatkan Sesuatu yang di inginkanya tanpa usaha keras, harus ada kemauan dan usaha.
Akhirnya mimpi untuk masuk perguruan tinggi negri favorit terpenuhi, sujud sukur selalu saya panjatkan pada Allah SWT.  Namun hal itu tidak membuat saya terlena, tugas saya sudah berganti yang dulunya hanya seorang siswa, namun sekarang sudah mahasiswa. Tanggug jawab yang saya pikul sangat besar, sebagai mahasiswa saya agar saya mendapatkan kepuasan batin tersendiri. Prestasi itu akan saya usahakan untuk memajukan bangsa ini. Saya akan menjadi mahasiswa ber visoner kedepan, akan bersikap kritis untuk permasalah yang ada dalam sekitar saya.
Sebagai mahasiswa saya harus bertanggung jawab penuh dengan apa yang saya katakan dan lakukan. Berkorban dan memajukan Negara Indonesia adalah tujuantku pertama. Saya akan berusaha membuat Negara Indonesia menjadi Negara yang di segani di dunia.
Saya akan berperan aktif dalam pergerakan mahasiswa ,saya akan selalu berusah menjadi pemimpin di depan pemimpin, saya akan menjadi patriot sejati. Meskipun itu hal yang sangat sulit, namun apa salahnya mencoba. Saya akan mencoba, mencoba menjadi yang terbaik.
Kelemahan mahasiswa pada zaman sekarang adalah timbulnya masalah ke praktisan, maksutnya mahasiswa zaman sekarang suka hal yang praktis-praktis dan tidak suka hal yang melalui proses, hal ini sangat riska, karena berbeda sekali dengan mahasiswa zaman dahulu yang sangat semangat untuk belajar dan selalu mengkritisi semua kebijakan dari pemerintah.
Patriotisme di negeri ini sangat di butuhkan, kita sebagai generasi muda harus bisa membangun bangsa ini ke arah yang benar, kita harus memperjuangkan hal-hal yang seharusnya kita perjuangkan. Mhasiswa tidak boleh hanya mengkritik saja, tapi juga memberikan solusi yang konkrit sehingga masa depan bangsa kita ini terlihat jelas.
PATRIOT (prestatif, aktif, tanggap,kritis,visioner , dan tanggung jawab ) semua itu harus dimiliki  oleh seorang mahasiswa. Karena, mahasiswa harus menunjukan bahwa ereka itu ampu untuk diandalkan di masa depan, mahasiswa harus berprestasi, karena apa mahasiswa yang berprestasi pasti akan bisa mebantu Indonesia ini ke depenya dengan ilmu-ilmu yang ia miliki. Kedua mahasiswa yang akif, mahasiswa aktif itu biasanya mahasiswa yang selalu menjdai panutan maasiswa lainya, karena dia berturut serta dalam beberapa kegiatan dan forum, seperti berorganisasi.ketiga tanggap, mahasiswa yang tanggapa adalah mahasiswa yang peduli dengan sekitar, dia tanggap dalam segala aspek dan itu pun akan menjadi lebih baik lagi jika mahasiswa itu memiliki visioner, karena seorang mahasiswa, memilik visioner adalah sebuah keharusan, karena apa mahasiswa yang mempunya visi, akan selalu ingat apa yang ingin dicapainya dan itu akan menjadi sebuah lis yang harus dicapai dalam hidupnya. Terakhir tanggung jawab, mahasiswa yang berani bertanggung jawab adalah mahasiswa yang sesungguhnya, dan mahasiswa tersebut akan disebut sebagai patriot sejati jika semua yang diatas terpenuhi 

5 komentar:

  1. apakah km ndri termasuk patriot???

    BalasHapus
  2. Belum gan,
    masih ababil saya :D haha

    BalasHapus
  3. @Rendy: jd kamu jelmaan burung ababil yg membunuh pasukan bergajah Abrahah

    BalasHapus