Rabu, 09 November 2011

Tips mencatat pada mahasiswa

Mencatat merupakan bagian terpenting dalam kehidupan akademik. semua orang butuh mencatat agar selalu ingat yang di katakan atau dilihat dari orang lain. apalagi maasiswa seperti saya ini :D , pertama memang malas sekali untuk mencatat, tapi yang saya asakan sendiri, kalau tidak mencatat hampir 50 persen yang dikatakan dosen pasti lupa. Oleh karena itu budayakan mencatat mulai dari sekarang ya kawan, saya yakin kuliah akan jauh lebih mudah dengan mencatat :D. tapi jangan lupa ngerjain tugas juga bro . :D

Dalam mencatat kita kita dapat meningkatkan kemampuan mendengarkan, karaena secara tidak langsung kita bisa melakukan kegiatan mencatat dan mendengarkan. setelah itu kita mengembangkan apa yang kita dengar dalam catatan dengan bahasa kita sendiri. oh iya .. mencatat itu berbeda dengan didikte, ingat kan waktu di sekolah dasar ( SD ) dulu pasti kita pernah didikte oleh guru kita, Dikte adalah mencatat secara keseluruhan kalimat, sedangkan mencatat adalah mencari keseluruhan ide pokok .


<> Catatan yang efektif
1. Teliti
2. Ringkas
3. Terlihat
4. perjelas hubunganya
5. Dapat dibaca
6. gunakan simbol dan singkatan


<> Tujuan Mencatat materi kuliah.
1. Kuliah menyediakan informasi yang lebih layak daripapada informasi lain seperti internet. maksudnya materi kuliah yang di berikan oleh dosen adalah sudah dikaji kebenaranya dan jarang sekali terjadi kesalahan materi yang disajikan oleh dosen .
2. Kuliah = pencapaian. maksutnya apa yang selama ini kita pelajari dalam kuliah adalah sebuah pencapaian dan harus diterpakan dalam duna nyata pa yang sudah di pelajari selama kuliah.
3. Kuliah membutuhkan partisipasi baik mental maupun fisik.

2 komentar: